Sejarah Sentra Margo Laras Pati

Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM) Margolaras di Pati, Beralamat di Jl. Soediono, Sukoharjo, Margorejo, Gebyaran, Sukoharjo, Kec. Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59163

Berdiri tahun 1981 dengan nama Panti Asuhan (PA) Fajar Harapan

Sesuai Kemensos no. 50/HUK2004, panti sosial mempunyai tugas memberikan bimbingan dan pelayanan bagi ana yatim, piatu, yatim piatu dan terlantar agar potensi dan kapasitas belajarnya pulih kembali serta dapat berkembang secara wajar.
Salah satu panti sosial ini berada di pati yang kemunculanya di awali tahun 1981. kala itu lembaganya bernama Panti Asuhan (PA) Fajar Harapan.

Tahun 1982 berkembang menjadi Panti Karya Taruna (PKT)

Setahun setelah berdiri Panti Asuhan (PA) Fajar Harapan berubah berkembang menjadi Panti Karya Taruna (PKT).
Keberadaan Panti Karya Taruna ini berlangsung hingga 1985, panti ini merupakan proyek kesejahteraan anak dan keluarga kantor wilayah departemen sosial Provinsi Jawa Tengah.
Layanan yang diberikan fokus pada anak putus sekolah antara usia 15-21 tahun. salah satu bentuk layanannya berupa kursus menjahit berikut diberikan bantuan sosial mesin jahit.

Pada tahun 1986 berubah nama menjadi Panti Sosial Asuhan Anak (PSSA) Tunas Bangsa Pati

Manjadi satuan kerja (satker) Departemen Sosial RI di satuan wilayah Departemen Sosial Provinsi Jawa Tengah.
Tugas dan Fungsi memberikan perlindungan, layanan informasi, training, kajian, penelitian, pengembangan dan rehabilitasi sosial anak tanpa asuhan orang tua.

Tahun 2017 Alih Fungsi menjadi PSRSPDM Margo Laras di Pati

Pada saat penyusunan dan pembahasan draft Peraturan Menteri Sosial (permensos) tentang struktur dan organisasi tata kerja panti yang baru, muncul permintaan untuk memberikan usulan tentang nama panti yang baru.
Pimpinan PSAA Dra. Jiwaningnsih, Msi mengusulkan Margo Laras untuk nama panti baru. Nama itu sarat akan makna dan sejalan dengan tugas panti hasil alih fungsi.
Margo Laras diambil dari bahasa jawa “Margo” bermakna jalan atau sarana dan “Laras” berarti keselarasan antara kondisi fisik, mental dan psikososial. Sehingga “Margo Laras” diartikan sebagai jalan atau saran terwujudnya keselarasan kondisi fisik, mental, psikososial dari para penyandang disabilitas mental yang menjadi penerima manfaat panti.
Nama Margo Laras secara resmi ditandai dengan kemunculan Peraturan Menteri Sosial (Permensos) RI Nomor 16 tahun 2016.
Dengan berdasar Permensos itu, awal tahun 2017 menjadi tonggak sejarah lahirnya Panti Sosial Rehabiltasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (PSRSPDM) Margo Laras di pati.