SOSIALISASI WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI (WBK)

PATI – Inspektorat Jenderal Kementerian Sosial melaksanakan Sosialisasi Zona Integritas(ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di PSAA Tunas Bangsa pada hari Kamis, 22 November 2012 dan diikuti oleh seluruh pegawai. Acara dibuka oleh Kepala PSAA Tunas Bangsa, Bapak Ruh Sanyoto dan Nara Sumber Ibu Annie Martina R dan Ibu Rospita Sinaga. Bapak Ruh Sanyoto dalam sambutannya menyatakan bahwa untuk mendapatkan predikat WBK perlu adanya usaha yang sungguh-sungguh dari semua staf PSAA Tunas Bangsa dalam melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan baik dari segi teknis maupun segi administratif.

Dalam kesempatan tersebut Ibu Annie sebagai salah satu narasumber antara lain dijelaskan bahwa Wilayah Bebas dari Korupsi adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada suatu  unit kerja pada zona integritas yang memenuhi syarat indikator mutlak dan memperoleh hasil penilaian Indikator Operasional 75, sesuai Permen PAN Nomor 60 tahun 2012. Untuk itu diperlukan kemauan dan kerja keras seluruh  pegawai untuk mewujudkan  PSAA Tunas Bangsa sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi melalui upaya Pencegahan Korupsi, Reformasi Birokrasi dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Hasil penilaian tersebut akan di evaluasi secara kontinyu setiap tahun.

 

Adapun  20 komponen yang harus diperhatikan dan dipenuhi,yaitu  :
1.    Penandatanganan Pakta Integritas
2.    Kewajiban pengisian LHKPN
3.    Akuntabilitas  Kinerja
4.    Kewajiban Laporan Keuangan
5.    Kebijakan Disiplin PNS
6.    Kode etik khusus
7.    Kebijakan Pelayanan Publik
8.    Whistle Blower System tindak pidana korupsi
9.    Program Pengendalian Gratifikasi
10.    Kebijakan penanganan benturan kepentingan (conflict of interest)
11.    Promosi dan pendidikan/pembinaan antikorupsi
12.    Pelaksanaan saran perbaikan oleh BPK/KPK/APIP
13.    Kebijakan pembinaan purna tugas (post employment policy)
14.    Pelaporan transaksi keuangan yang tidak sesuai dengan profil PPATK
15.    Promosi jabatan secara terbuka
16.    Rekruitment secara terbuka
17.    Mekanisme pengaduan masyarakat
18.    E-Procurement
19.    Pengukuran kinerja individu
20.    Keterbukaan informasi publik

Dalam rangkaian kegiatan sosialisasi tersebut, akan ditindaklanjuti dengan penandatangan Pakta Integritas oleh seluruh pegawai dilingkungan PSAA Tunas Bangsa disaksikan oleh Inspektur Bidang Rehabilitasi Sosial Bp Drs. Agus Supardjo M.Pd.
Dengan sosialisasi ini diharapkan agar setiap pegawai PSAA Tunas Bangsa mengerti dan memahami serta dapat melaksanakan pembangunan Zona Integritas untuk mewujudkan Wilayah Bebas  Korupsi  (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).